Sabtu, 27 April 2013

BUY WHAT YOU NEED, NOT WHAT YOU WANT

Judul diatas mungkin sangat tepat buat gw sekarang ini. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat segalanya berubah drastis dalam waktu sekejap. Hal-hal baru dalam bidang electronik terus bermunculan mulai dari TV, kamera, Handphone dan lain-lainnya. Tian bulan, minggu bahkan tiap hari bisa muncul produk baru, hal ini sangat mempengaruhi cara gw menggunakan penghasilan gw terutama dalam hal membeli gadget.

Saat ini gw sudah punya 3 Gadget ditangan gw. Orang bilang itu smartphone. Bukan mau nyombong dari dilihat dari masa dan typenya , semua barang gw itu tergolong highend. Balik ke judul gw diatas, karena memang bukan mau ngomongin apa yang gw miliki. Dengan kemunculan berbagai produk yang seperti meborbardir pasar Gadget indonesia ini, (lebay amat bahasa gw). ckckckck... Gw jadi ikutan pengen ganti gadget, apalagi dengan iklan gadget yang sangat menarik dan membakar semangat konsumtif gw.

Meski gw sudah punya 3 Gadget, saat ini gw masih pengen beli gadget terbaru dari Nyamnyung (klo ga salah keluaran akhir tahun kemaren). Harganya melebihi gaji gw selama 3 bulan gan. Tapi kepala gw selalu terngiang kalimat: "udah beli aja".

Kalau ikutin apa yang kepala gw bilang, pasti gw bakal bela2in diet selama 3 bulan demi bisa beli ini Gadget. Kadang gw berfikir, apa semua penduduk Negara tercinta kita ini mengalami seperti yang gw alami ya? karena setahu gw, para penjual paling suka kalau mereka jualan di Indonesia.

Kemudian gw pikir-pikir lagi, sebenarnya gw pengen beli gadget ini karena gw butuh atau hanya keingin gw aja??

Karena hal itulah kemudian, gw melihat lagi gadget yang gw pegang, apa betul gw butuh semua ini dari dulu. Mungkin agan-agan sidah pada tahu, gw sebenarnya Ga butuh. jadi kenapa gw harus beli?

Sebenarnya lagi, gw bawa 3 gadget itu sangat ribet, nelpn pake yang soner, sms pke bluebery, internetan pake Nyamnyung. kan ribet tiap saat harus bawa 3, udah berat, lebar, banyak pula. Akhirnya gw mikir kembali, kebutuhan gw apa sebenarnya? Gw cuma butuh nelpon, smsan, chat, sosial media, game, thats it. Gw cuma butuh itu.

Dengan kondisi tekhnologi seperti sekarang, apakah gw perlu banyak gadget hanya untuk itu semua??

Mungkin apa yang gw alami bisa menjadi gambaran buat agan-agan semua, dalam hal membeli sesuatu. Kita memang harus bisa membedakan mana yang sebenarnya kebutuhan dan mana yang sebenarnya keinginan.


So... Buy what you Need, not What you Want...



Salam,
IKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar